1. Jelaskan
manfaat media pembelajaran berbasis IT bagi pendidik dan peserta didik ?
Jawab:
Ø
Manfaat
pembelajaran berbasis IT bagi pendidik yakni sangatlah penting karena dapat
membuat atau mempermuda dalam mengajar
atau memberikan pengetahuan kepada para peserta pendidik. Dengan adanya media
pembelajaran siswa mudah menegerti terhadap yang disampaikan oleh pendidik,
beberapa media pembelajaran yang di gunakan oleh guru dapat memberikan
pelajaran yang lebih memotivasi sehingga dapat mudah dipahami , selain itu
pelajaran yang diberikan oleh pendidik dengan lebih jelas maknanya dan peserta
didik akan lebih aktif dalam proses belajar.
Ø
Manfaat bagi
peserta didik media pembelajaran berbasis IT yakni sangat membantu pembelajara
pikiran peserta didik secara teratur tentang hal yang mereka alami dalam
kegiatan belajar mengajar mereka. Misalnya menyaksikan pembuatan film yang
mendidik tentang suatu kejadianp atau
peristiwa. Rangkaian dari pemutaran fil, tersebut mereka dapat pelajari
secara baik atau berkesinambungan, selain itu media pembelajaran juga dapat
membantu peserta didik dalam memberikan pengalaman belajar yang perhatian lebih
terhadap materi pembelajaranp yang disajikan.
2. Jelaskan model-model pembelajaran berbasis komputer, beserta contohnya!
Jawab:
a). Model drills
Model drills adalah suatu model dalam pembelajaran dengan jalan melatih siswa terhadap bahan pelajaran yang sudah diberikan. Melalui model drills akan ditanamkan kebiasaan tertentu dalam bentuk latihan. Dengan latihan terus menerus maka akan tertanam dan menjadi kebiasaan.
Contohnya :
Model drills adalah suatu model dalam pembelajaran dengan jalan melatih siswa terhadap bahan pelajaran yang sudah diberikan. Melalui model drills akan ditanamkan kebiasaan tertentu dalam bentuk latihan. Dengan latihan terus menerus maka akan tertanam dan menjadi kebiasaan.
Contohnya :
Guru memberikan soal
atau tugas sebagai bahan evaluasi apa yang telah diajarkan sebelumnya.
b). Flowchart model drills
b). Flowchart model drills
Flowchart
model drills adalah model pembelajaran menggunakan simbol-simbol grafis untuk
menunjukkan arah pembelajaran atau tujuan dari pembelajran agar lebih mudah di
pahami.
Contohnya :
Contohnya :
Membuat penyederhanaan
dalam memberi materi kesiswa dengan menggunakan bagan.
c) . Model Tutorial
Program tutorial pada dasarnya sama dengan program bimbingan yang bertujuan memberikan bantuan kepada siswa agar dapat mencapai hasil belajar secara optimal. Kegiatan tutorial ini memang sangat dibutuhkan sebab siswa yang dibimbing melaksanakan kegiatan mandiri yang bersumber dari modul-modul dalam bidang studi tertentu.
Contohnya :
c) . Model Tutorial
Program tutorial pada dasarnya sama dengan program bimbingan yang bertujuan memberikan bantuan kepada siswa agar dapat mencapai hasil belajar secara optimal. Kegiatan tutorial ini memang sangat dibutuhkan sebab siswa yang dibimbing melaksanakan kegiatan mandiri yang bersumber dari modul-modul dalam bidang studi tertentu.
Contohnya :
Membaca materi pelajaran dan soal-soal latihan di dalam komputer yang
telah di programkan oleh pendidik.
d). Model Simulasi
Model simulasi pada dasarnya merupakan salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret melalui penciptaan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mengikuti suasana sebenarnya dan berlangsung dalam suasana yang tanpa resiko.
Contohnya :
d). Model Simulasi
Model simulasi pada dasarnya merupakan salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret melalui penciptaan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mengikuti suasana sebenarnya dan berlangsung dalam suasana yang tanpa resiko.
Contohnya :
Menggunakan
gambar atau objek yang konkret agar siswa dapat merangsang cara berfikir siswa.
e). Model Intruktional Games
Intruktional Games merupakan salah satu bentuk metode dalam pembelajaran berbasis komputer. Tujuan instructional games adalah untuk menyediakan pengalaman belajar yang memberikan fasilitas belajar untk menambah kemampuan siswa melalui permainan yang mendidik.
Contohnya :
e). Model Intruktional Games
Intruktional Games merupakan salah satu bentuk metode dalam pembelajaran berbasis komputer. Tujuan instructional games adalah untuk menyediakan pengalaman belajar yang memberikan fasilitas belajar untk menambah kemampuan siswa melalui permainan yang mendidik.
Contohnya :
Guru yang menggunakan
game yang mendidik agar siswa dapat pengalaman belajar dalam bentuk permainan.
3. Jelaskan dengan contoh perbedaan pembelajaran blended learning dan e-learning!
Jawab:
- Blended learning adalah metode pembelajaran yang
memadukan pertemuan tatap muka dengan materi online secara harmonis. Perpaduan antara training konvensional di
mana trainer dan trainee bertemu langsung dengan training online yang bisa
diakses kapan dan di mana saja.
Contohnya:
Dosen
yang memberikan tugas ,namun dosen tersebut berada diluar kota, kita bisa mengirim
tugas tersebut melalui e-mail.
-
E-learning merupakan singkatan dari Elektronic
Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang
menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya.
Contohnya:
kita
dapat melakukan proses perkuliahan
menggunakan E-lerning tanpa harus tanpa harus kekomputer, kita hanya bertatap
muka dengan menggunakan jaringan komputer, juga menggumpulkan tugas pun seperti
itu hanya lewat jaringan internet.
4. Jelaskan dengan contoh langkah-langkah membuat blog!
jawab :
1.
Kita
harus membut e-mail
2.
Lalu
masuk ke situs blogger
3.
Kemudian
masuk kepemberitahuan untuk membuat blog baru
4.
Masukan
nama e-mail dan kata sandi
Contohnya:
Nama : Rusmawati
Kata sandi
: **********
5.
Masuk
kebloger, untuk menentukan nama bloger(judul bloger)
6.
Kemudian
membuat nama blog
Contohnya:
Nama :
Rusmawati
Judul :
Balance
7.
Menetapkan
tampilan desain,warna blog
8.
Kemudian klik ”sesuaikan” dan blog siap digunakan.
5. Coba jelaskan apa yang
anda ketahui tentang TIK sebagai alat untuk penilaian pembelajaran!
Jawab :
Menurut yang saya ketahui dalam TIK banyak aplikasi yang dapat digunakan sebagai media penilaian pembelajaran, misalnya saja pada aplikasi microsoft excel. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memperoleh perhitungan nilai yang telah diperoleh. Karna didalam excel terdapat beberapa rumus matematis yang digunakan untuk mengkalkulasikan penilaian. Seperti range ata rata-rata, max(nilai terbesar), min(nilai terkecil),sum(penjumlahan).
Menurut yang saya ketahui dalam TIK banyak aplikasi yang dapat digunakan sebagai media penilaian pembelajaran, misalnya saja pada aplikasi microsoft excel. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memperoleh perhitungan nilai yang telah diperoleh. Karna didalam excel terdapat beberapa rumus matematis yang digunakan untuk mengkalkulasikan penilaian. Seperti range ata rata-rata, max(nilai terbesar), min(nilai terkecil),sum(penjumlahan).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar