Jumat, 20 Mei 2016

Kewirausahaan BAB 19 Pelanggan atau nasabah kabur

Pengertian pelanggan atau nasabah kabur adalah pelanggan atau nasabah pergi meninggalkan perusahaan atau tidak lagi membeli, mengomsumsi, atau memiliki produk yang ditawarkan perusahaan, baik untuk sementara waktu atau selamanya.Artinya nasabah tidak akan menjadi nasabah kita atau membeli produk yang kita tawarkan dan mungkin sudah berahli keperusahaan lain. Arti lain pelanggan/nasabah sudah mulai mengurangi volume pembelajaranya atau frekuensi transaksi atau dengan kata lain nasabah sudah tidak melulu menggunakan produk yang kita jual.

Ø  Sebab pelanggan atau nasabah meninggalkan perusahaan:
1.      Pelayanan yang tidak memuaskan
2.      Produk yng tidak baik
3.      Ingkar janji dan tidak tepat waktu
4.      Biaya yang relif mahal
5.      Lokasi yang sulit di jangkau
6.      Loyautatau tata letak lantai

Pengertian nasabah betah adalah nasaba merasa nyaman untuk berhubugan dengan perusahaan,sehingga tidak pindah keperushaan atau produk lain. Atau dengan kata lain nasabah akan terus mengomsusi atau membeli produk yang ditawarkan.

Ø  Cara membuat agar pelanggan atau nasabah betah berurusan dengan perusahaan adalah sebagai berikut:
1.   Karyawan harus menarik, baik dari segi penampilan, gaya bicara, maupun gerak geriknya sehinggatidak membosankan. Buat agar nasabah selalu senang, ceria dan bersemangat dalam berhadapan dengan kita.
2.  Cepat tanggap terhadap keinginan nasabah dan cepat mengerjakan atau melayani nasabah..
3.     Ruang tunggu yang nyaman, tenang dan nyaman, sehingga begitu nasabah masuk dapat merasakannya.
4.  Brosur yang tersedia lengkap dan mampu menjelaskan segala sesuatu sehingga sesuai dengan keinginan nasabah.
5.      Keragaman dan kelengkapan produk atau jasa yang ditawarkan.
6.      Lokasi yang aman dan nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar