Minggu, 15 Mei 2016

TIK BAB 11 Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai sarana komunikasi bagi guru dan siswa



       Terdapat beragam pengertian tentang komunikasi yang dikemukakan oleh para ahli komunikasi. Namun demikian dari sekitar pengertian yang ada  bisa diambil sariati hakikat dari komunkasi iut sendiri. Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari pemberi pesan(komunikator)  kepada penerima pesan (komunikasi) sehingga terjadi kesamaan pengertian pesan. Dari pengertian ini bisa kita pahami bahwa pertama, dalam proses komunikasi selalu melibatkan dau pihak atau lebih, pemberi pesan dan penerima pesan. Kedau adanya pesan yang disampaikan, pesan itu sendiri bisa dalam beragam bentku: kata, gambar, tesk,simbol,dan sebagainya.

Ø  Ada sejumlah manfaat ata kentngan berkomunikasi yang dilakukan secara virtual,di antaranya sebagai berikt:
1.      Cepat
2.      Mudah
3.      Komunikasi virtal bisa dilakukan secara Real time jga un real time
4.     Bisa  Individual atau group
5.      Jumlah dan jenis pesan bisa besar dan beragam

Ø  Jenis-jenis Komunikasi didunia maya
1.      E-mail merupakan kependekan dari electronik mail yang dalam bahasa Indonesia artinya surat elektronik.
2.      Milis atau mailling adalah layanan dalam internet yang digunakan untuk berduksi. melalui e-mail
3.      Chatting merupakan kata benda dari kata kerja chat (Inggris) artinya ngobrol. Chatting dalam dnia internet artinya program yang tersedia yang digunakan ngobrol atau berinteraksi via internet.
 4.      Facebook aplikasi meruakan salah satu program alikasi dunia maya jaringan osial berbasis internet, di saming program lainnya.

Ø  Lowther, et.al (2000: 135) mengemkakan lima level penggnaan web dalam pendidikan.
1.      Level 0 ( no web use ) yakni tidak menggunakan web sama sekali.
2.      Level 1 ( informational ) yakni menyediakan informasi yang relatif stabil kepada siswa, isi informasi terdiri dari silabus, jadwal pelajaran/kuliah,dan kontak informasi.
 3.      Level 2 ( supplemental online.) yakni menyediaka informasi isi mata pelajaran kepada siswa. Isinya melipti catatan kuliah atau handout lainnya.
4.      Level 3 ( essensial) yakni siswa tidak bisa menjadi anggota kelas yang aktif jika tidak mengakses pelajaran di web secara teratur.
5.      Level 4 ( communal ) ada level ini ada perteman tatap muka dan
6.      Level 5 ( immerse ) yakni seluru isi pelajaran dan interaksi belajar terjadi secara online.

Ø  Ada tiga yang dituntut kemampuannya agar WBT bisa terselenggara yaitu :
1.      Tuntutan kelembagaan
2.      Tuntutan kemampuman pengelolah
3.      Guru atau Dosen

            Pendekatan instruksional adalah pendekatan yang mengajukan beberapa metode pembelajaran untuk membentuk kemampuan calon guru dalam menggunakan pendidikan berbasis web dan teknologi lainnya di LPTK, yaitu technology classroom, modeling, observing/participating in technology setting, learning technology skill, dan reflective practices.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar