Selasa, 10 Mei 2016

TIK BAB 7 Pembelajaran berbasis WEB (E-learning)


A.Konsep pembelajaran berbasis Web
    Pembelajaran berbasis web merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan media situs (wibsite) yang biasa diakses melalui jaringan internet.
Ø  Karakteristik dari pemebalajaran e-learning adalah:
1.      Interactivity ( interaktivitas ) tersedianya jalur komunikasi yang lebih banyak baik secaralangsung maupun tidak langsung.
2.      Indevendency ( kemandirian ) memiliki persediaan waktu, tempat, pengajar, dan bahan ajar.
3.      Accessibility ( aksesibilitas ) sumber-sumber belajar dapat mudah diakses melalui jaringan internet.
4.      Enrichment ( pengayaan ) memberikan pengayaan materi.
B. kelebihan dan kekurangan pembelajaran berbasis Web
Ø  Kelebihan pembelajaran berbasis web adalah:
1.      Memungkinkan setiap orang di mana pun, kapan pun, untuk mempelajari apa pun.
2.      Pembelajar dapat belajar sesuai dengan karakteristik dan langka-langkahnya dirinya sendiri karena pembelajaran berbasis web menjadi sifat individual.
3.      Kemapuan untuk membuata tautan ( link ) sehingga pembelajar dapat mengakses informasi dari berbagai sumber baik dalam maupun luar lingkungan belajar.
4.      Sangan potensial sebagai sumber belajar bagi pembelajar yang tidak memiliki waktu untuk belajar.
5.      Dapat mendorong pembelajar untuk lebih aktif dan mandiri didalam belajar.
6.      Menyediakan sumber belajar tambahan yang dapat disunakan untuk memperkaya materi pembelajaran.
7.      Menyediakan mesin pencari yang dapat disunakan untuk mencari informasi yang mereka butuhkan.
8.      Isi dari materi pelajaran dapat di update dengan mudah.
Ø  Kekurangan pembelajaran berbasis web, adalah:
1.      Keberhasilan pembelajaran berbasis web tergantung pada kemandirian dan motivasi pembelajar.
2.      Akses untuk mengikuti pembelajaran dengan menggunakan web seringkali menjadi masalah bagi pembelajar.
3.      Pembelajar merasa lebih cepat bosan dan jenuh jika mereka tidak dapat mengakses informasi dikarenakan tidak terdapatnya peralatan yang memadai dan bandwith yang cukup.
4.      Dibutuhkan panduan bagi pembelajar untuk mencari informasi yang eleven karena informasi yang terdapat didalam web sangat beragam.
5.      Dengan menggunakan pembelajaran berbasis web pembelajar terkadang merasa terisolasi terutama jika terdapat keterbatasan dakam fasilitas komunikasi.
C. pemanfaatan internet dalam pembelajaran
      Pemanfaatan internet dalam pembelajaran adalah:
1.      Dimungkinkan terjadinya disrtibsi pendidikan kesemua pernjuru tanah air dan kappasitas daya tamung yang tidak terbatas karena tidak memerlukan ruang kelas.
2.      Proses pembelajaran tidak terbatas oleh waktu seperti halnya tatapan muka biasa
3.      Pembelajaran dapat memiliki topik atau bahan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing.
4.      Lama waktu belajar juga tergantng pada kemampan masing-masing siswa
5.      Adanya keakuran dan kekinian materi pembelajaran
6.      Pembelajaran dapat dilakkan secara interaktif .
D. Kelebihan dan kekurangan pembelajaran e-learning
Ø  Kelebihan pembelajaran e-learning adalah:
1.      Tersedianya fasilitas e-moderating dimana guru dan siswa dapat berkomunikasi secara mudah melalui fasilitas internet secara regular atau kapan saja kegiatan berkomunikasi itu dilakukan tanpa dibatasi oleh jarak, tenmpat, dan waktu.
2.      Guru dan siswa dapat menggunakan bahan ajar atau petunjuk belajar yang terstruktur dan terjadwal melalui internet, sehingga keduanya bisa saling menilai sampai berapa jauh bahan ajar dipelajari.
3.      Siswa dapar belajar dan mereview bahan perkulian setiap saat dan dimana saja kalau diperlukan mengingat bahan ajar tersimpan di komputer.
4.      Bila siswa memerlukan tambahan informasi yang berkaitan dengan bahan ajar yang dipelajarinya ia dapat melakukan akses internet secara lebih mudah.   
5.      Bai guru dan siswa dapat melakukan diskusi malalui internet yang dapat diikuti dengan jumlah peserta yang banyak, sehingga menambah ilmu pengetahuan dan wawasan yang lebih luas.
6.      Berubahnya peran dan siswa dari yang biasanya pasif menjadi aktif dan lebih mandiri.
7.      Relatif lebih efisien misalnya bagi mereka yang tinggal jauh dari sekolah atau perguruan tinggi.
Ø  Kekurangan pembelajaran e-learning adalah:
1.      Kurangnya interaksi antara guru dan siswa atau bahkan antar siswa itu sendiri.
2.      Kecenderungan mengabaikan aspek psikomotorik atau aspek sosial dan sebaliknya mendorong tumbuhnya aspek komersial.
3.      Proses pembelajarannya cenderung kearah pelatihan dari pada pendidikan.
4.      Berubahnya peran guru dari yang semula menguasai pembelajaran konvensional menjadi menguasai penggunaan ICT.
5.      Siswa yang tidak mempunyai motivasi tinggi cenderung gagal.
6.      Tidak semua tempat tersedia fasilitas internet atau jaringan.
7.      Kurangnya tenaga yang menguasai atau memahami mengoperasikan internet.
8.      Kurangnya personal dalam hal penguasaan bahasa pemrograman komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar