Pengertian lain tentang pasar adalah himpunan pembeli nyata dan pembeli
potensial atas suatu produk. Pengertian pasar lainnya adalah bahwa pembeli dan
penjual tidak harus bertemu disuatu tempat untuk melakukan transaksi, tetapi
cukup melalui sarana elektronik, seperti telepon, facsimile, atau melalui
internet. Pasar dapat juga diartikan sebagai suatu mekanisme yang terjadi
antara pembeli dan penjual atau tempat pertemuan antara kekuatan-kekuatan
permintaan dan penawaran.
Permintaan
adalah keinginan yang didukung oleh daya beli dan akses untuk membeli. Ada
beberapa faktor yang memengaruhi permintaan suatu barang atau jasa, yaitu :
1. Harga barang itu sendiri.
2. Harga barang lain yang memiliki
hubungan (barang pengganti atau barang pelengkap).
3. Pendapatan.
4. Selera.
5. Jumlah penduduk.
6. Faktor khusus (akses).
Penawaran adalah jumlah
barang atau jasa yang ditawarkan produsen pada berbagai tingkat harga pada
suatu waktu tertentu. Artinya produsen atau penjual menawarkan barangnya kepada
konsumen dengan tingkat harga tertentu. Ada beberapa faktor yang memengaruhi
permintaan penawaran suatu barang atau jasa, yaitu :
1. Harga
barang itu sendiri.
2. Harga barang lain yang
memiliki hubungan (barang pengganti atau barang pelengkap).
3. Teknologi
yang digunakan.
4. Harga
input (ongkos produksi).
5. Tujuan
perusahaan.
6. Faktor
khusus (akses).
Segmentasi pasar adalah kegiatan
membagi-bagi pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda. Menurut
Philip Kotler, variable utama untuk melakukan segmentasi pasar konsumen adalah
sebagai berikut :
1. Segmentasi berdasarkan geografik.
2. Segmentasi berdasarkan demografik.
3. Segmentasi berdasarkan psikografik.
4. Segmentasi berdasarkan perilaku.
Menetapkan pasar sasaran dapat dilakukan dengan cara mengembangkan
ukuran-ukuran dan daya tarik segmen kemudian memiliki segmen sasaran yang
diinginkan. Kegiatan merupakan pasar yang meliputi :
1.
Evaluasi segmen pasar
2.
Memilih segmen, yaitu menentukan satu atau lebih segmen yang memiliki nilai
tinggi bagi perusahaan, menetukan segmen mana dan berapa banyak yang dapat
dilayani.
Menentukan posisi pasar maksudnya adalah uoaya untuk menentukan posisi yang
kompetitif untuk produk atau suatu pasar.
Penentuan posisi pasar dapat dilakukan
berdasarkan :
1. Atribut.
2. Kesempatan penggunaan.
3. Kelas pengguna.
4. Langsung menghadapi pesaing.
5. Kelas produk.
Untuk memilih dan menentukan posisi
pasar, strategi yang dapat dilakukan adalah :
1.
Mengidentifikasi
keunggulan kompetitif.
2.
Memilih keunggulan
kompetitif yang tepat.
3.
Mewujudkan dan
mengomunikasikan posisi dipilih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar