Kamis, 19 Mei 2016

Kewirausahaan BAB 11 Pasar dan Pemasaran

      Pengertian lain tentang pasar adalah himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial atas suatu produk. Pengertian pasar lainnya adalah bahwa pembeli dan penjual tidak harus bertemu disuatu tempat untuk melakukan transaksi, tetapi cukup melalui sarana elektronik, seperti telepon, facsimile, atau melalui internet. Pasar dapat juga diartikan sebagai suatu mekanisme yang terjadi antara pembeli dan penjual atau tempat pertemuan antara kekuatan-kekuatan permintaan dan penawaran.

     Permintaan adalah keinginan yang didukung oleh daya beli dan akses untuk membeli. Ada beberapa faktor yang memengaruhi permintaan suatu barang atau jasa, yaitu :
1. Harga barang itu sendiri.
     2. Harga barang lain yang memiliki hubungan (barang pengganti atau barang pelengkap).
3. Pendapatan.
4. Selera.
5. Jumlah penduduk.
6. Faktor khusus (akses).

   Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang ditawarkan produsen pada berbagai tingkat harga pada suatu waktu tertentu. Artinya produsen atau penjual menawarkan barangnya kepada konsumen dengan tingkat harga tertentu. Ada beberapa faktor yang memengaruhi permintaan penawaran suatu barang atau jasa, yaitu :
1. Harga barang itu sendiri.
2. Harga barang lain yang memiliki hubungan (barang pengganti atau barang       pelengkap).
3. Teknologi yang digunakan.
4. Harga input (ongkos produksi).
5. Tujuan perusahaan.
6. Faktor khusus (akses).

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda. Menurut Philip Kotler, variable utama untuk melakukan segmentasi pasar konsumen adalah sebagai berikut :
1.    Segmentasi berdasarkan geografik.
2.    Segmentasi berdasarkan demografik.
3.    Segmentasi berdasarkan psikografik.
4.    Segmentasi berdasarkan perilaku.

      Menetapkan pasar sasaran dapat dilakukan dengan cara mengembangkan ukuran-ukuran dan daya tarik segmen kemudian memiliki segmen sasaran yang diinginkan. Kegiatan merupakan pasar yang meliputi :
1. Evaluasi segmen pasar
2. Memilih segmen, yaitu menentukan satu atau lebih segmen yang memiliki nilai tinggi bagi perusahaan, menetukan segmen mana dan berapa banyak yang dapat dilayani.

      Menentukan posisi pasar maksudnya adalah uoaya untuk menentukan posisi yang kompetitif untuk produk atau suatu pasar.
Penentuan posisi pasar dapat dilakukan berdasarkan :
1.   Atribut.
2.   Kesempatan penggunaan.
3.   Kelas pengguna.
4.   Langsung menghadapi pesaing.
5.   Kelas produk.

Untuk memilih dan menentukan posisi pasar, strategi yang dapat dilakukan adalah :
1.  Mengidentifikasi keunggulan kompetitif.
2.  Memilih keunggulan kompetitif yang tepat.
3.  Mewujudkan dan mengomunikasikan posisi dipilih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar