Selasa, 10 Mei 2016

TIK BAB 6 Blended learning dalam pembelajaran

A.   Konsep Blended Learning 
      Secara etimologis istilah blended learning terdiri dari dua kata yaitu blended dan learning. Kata blended berarti campuran, besama untuk meningkatkan kualitas agar bertambah baik atau formula suatu penyelerasan kombinasi atau perpaduan. Sedangkan learning memiliki makna umum yakni belajar. Jadi blended learning adalah pola pembelajaran yang mengandung unsur pencampuran atau penggabungan antar satu pola dengan pola lainnya. Unsur yang dicampurkan adalah unsur pembelajaran di kelas dengan unsur online learning.  

 B.Karakteristik pembelajaran Blanded learning
1. Ketetapan sumber suplemen untuk program belajar yang berhubungan selama garis    tradisional sebagain besar, melalui institusional pendukung lingkungan belajar virtual. 
2. Transformasi tingkat praktik pembelajaran didukung oleh rancangan pembelajaran  sampai mendalam.       
3.  Pandangan menyeluruh tentang teknologi untuk mendukung pembelajaran.

C. Penerapan Blanded learning
Secara spesifik dalam pendidikan guru blended e learning memiliki makna sebagai berikut :
1. Blended e leraning merupakan penyampaian informasi, komunikasi, pendidikan, pelatihan tentang materi keguruan baik subtansi materi pelajaran maupun ilmu kependidikan secara online.
2. Blended e leraning menyediana seperangkat alat yang dapat memperkaya nilai belajar sewcara konvensional.
3. Blended e learning tidak berarti menggantikan model belajar konvensional didalam kelas tetapi memperkuat model belajar tersebut melalui pengayaan content dan pengembangan teknologi pendidikan.
4. Kapasitas guru amat bervariasi tergantung pada bentuk isi dan cara penyampaiannya.
5. Memanfaatkan jasa teknologi elektronik di mana guru dan siswa dan sesama siswa atau guru dan sesama guru dapat berkomunikasi dengan relatif mudah dengan tanpa dibatasi oleh hal-hal yang protokoler.
6. Memanfaatkan keunggulan komputer.
7. Menggunakan bahan ajar bersifat ajat bersifat mandiri.
8. Memanfaatkan jadwal.

Ø  Terdapat tiga kemungkinan dalam pengembangan sistem pembelajaran berbasis internet, yaitu:
1. Web course
2. Web centric course
3. Model web enhanced course
Ø  Terdapat lima level penggunaan ICT dalam pembelajaran, yaitu :
1. Level I information
2. Level II supplemental
3. Level III esensial
4. Level IV communual
5. Level V immersive

Ø  Konsep Tutorial
Tutorial adalah suatu proses pemberian bantuan dan bimbingan belajar dari seseorang kepada orang lain, baik secara perorangan maupun kelompok. Jenis-jenis tutorial yang disediakan adalah tutorial tatap muka ( TTM ) dan tutorial onbline adalah:
1. Tutorial tatap muka
Dalam program PJJ SI PGSD ini semua mata kuliah diberikan bimbingan tutorial tatap muka (dilakukan pada masa risidensil).
2.  Tutorial online
Tutorial ini dilakukan dengan bantuan menggunakan jaringan komputer.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar