Kamis, 19 Mei 2016

Kewirausahaan BAB 12 Strategi Pasar

   Strategi merupakan langkah-langkah yang harus dijalankan oleh suatu perusahaan untuk mencapai suatu tujuan. Pelaksanaan strategi bauran pemasaran terdiri dari :
1.    Strategi Produk
2.    Strategi Harga
3.    Strategi Lokasi dan Distribusi
4.    Strategi Promosi

   Pengertian produk menurut Philip Kotler adalah sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian agar dibeli, digunakan, atau dikonsumsi, sehingga dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan.

   Strategi yang dilakukan oleh perusahaan dalam mengembangkan suatu produk adalah sebagai berikut :
1.    Penentuan logo dan motto
2.    Menciptakan merek
3.    Menciptakan kemasan
4.    Keputusan label

Tujuan penentuan harga oleh suatu perusahaan adalah :
1.    Untuk bertahan hidup
2.    Untuk memaksimalkan laba
3.    Untuk memperbesar market share
4.    Mutu produk
5.    Karena pesaing

Beberapa metode dalam penentuan harga produk antara lain:
1.    Modifikasi harga atau diskriminasi harga
2.    Penetapan harga untuk produk baru

   Pengertian distribusi adalah cara perusahaan menyalurkan barangnya mulai dari perusahaan sampai ke konsumen akhir atau cara menentukan metode dan jalur yang akan dipakai dalam menyalurkan produk ke pasar.

Beberapa tujuan yang hendak dicapai perusahaan dalam strategi distribusi adalah :
1.    Pertimbangan pembeli atau faktor pasar
2.    Karakteristik produk
3.    Faktor produsen atau pertimbangan pengawasan dan keuangan

Sarana promosi yang dapat digunakan adalah :
1.    Periklanan (advertising)
2.    Promosi penjualan (sales promotion)
3.    Publisitas (publicity)
4.    Penjualan pribadi (personal selling)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar